Pengaruh Brand Image Honda Supra X 125R terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Marconi Mandiri Perkasa Subang

Widyatama Repository

Pengaruh Brand Image Honda Supra X 125R terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Marconi Mandiri Perkasa Subang

Show full item record

Title: Pengaruh Brand Image Honda Supra X 125R terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Marconi Mandiri Perkasa Subang
Author: Nurhamdani, Dadan
Abstract: Brand Image merupakan pemahaman terhadap merek tertentu dan bagaimana konsumen memandang atau mempunyai persepsi tertentu terhadap suatu merek. Brand Image yang baik merupakan prioritas utama yang dapat dijadikan acuan atau dasar penentuan konsumen dalam melakukan pembelian dan juga sebagai cara yang efektif untuk menjaring konsumen. Jadi berhasil tidaknya suatu merek dalam menarik konsumen sangat tergantung pada persepsi mereka terhadap merek tersebut. Oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan suatu merek yang menarik dan menggambarkan manfaat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Sehingga brand image menjadi sedemikian penting bagi suatu produk untuk dapat diterima oleh konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan menyajikannya dalam suatu karya ilmiah berupa skripsi dengan judul â Pengaruh Brand image Honda Supra X 125R terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Marconi Mandiri Perkasa Subangâ . Penelitian ini dilakukan pada PT. Marconi Mandiri Perkasa Subang sebagai main dealer untuk kendaraan sepeda motor bermerek Honda, yang daerah pemasarannya meliputi kabupaten Subang. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai brand image motor Honda Supra X 125R, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image Honda Supra X 125R terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian survey eksplanatori, yaitu penelitian survey yang digunakan untuk menjelaskan hubungan atau korelasi antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Sifat penelitian yang digunakan adalah verifikatif yaitu melakukan pengujian untuk mencari kebenaran dari suatu hipotesis yang dirumuskan sebelumnya. Untuk mendukung metode tersebut teknik pengumpulan data yanng dilakukan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan cara menyebarkan angket (kuesioner). Sampel yang diambil adalah sebanyak 30 orang konsumen yang membeli produk motor Honda Supra X 125R yang berdomisili di wilayah Subang. Untuk mengolah dan menganalisa data yang telah dikumpulkan, penulis melakukan perhitungan dengan metode statistik koefisien Rank Spearman, koefisien determinasi dan uji statistik t. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai koefisien rs sebesar 0,61 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan searah antara brand image dengan keputusan pembelian konsumen. Jika brand image Honda Supra X 125R baik maka keputusan pembelian konsumen akan tinggi. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 37,21% yang berarti bahwa brand image mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sedangkan sisanya sebesar 62,79% dipengaruhi oleh faktor yang tidak di ukur dalam penelitian ini. Setelah dilakukan pengujian hipotesis satu arah, diperoleh nilai thitung > ttabel (5,140>1,701), artinya hipotesis yang penulis ajukan yaitu â Brand Image Honda Supra X 125R berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumenâ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1025
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 184.4Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.974Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 588.8Kb PDF View/Open
cover.pdf 75.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record