Analisis Peranan Arus Kas Operasi Dan Laba Akuntansi Terhadap Likuiditas Saham (Studi kasus pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk.)

Widyatama Repository

Analisis Peranan Arus Kas Operasi Dan Laba Akuntansi Terhadap Likuiditas Saham (Studi kasus pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk.)

Show full item record

Title: Analisis Peranan Arus Kas Operasi Dan Laba Akuntansi Terhadap Likuiditas Saham (Studi kasus pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk.)
Author: Sunardi, Henry
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peranan arus kas operasi dan laba akuntansi terhadap likuiditas saham di PT.Berlian Laju Tankers, Tbk.. Arus kas yang berasal dari aktivitas operasi merupakan indikator yang menunjukkan apakah perusahaan dan kegiatan operasinya dapat menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi kewajibannya, memelihara kemampuan operasi perusahaan, membayar deviden dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan sumber pendanaan dari luar.Untuk laba akuntansi disini merupakan laba bersih sebelum extraordinary item dan discounted operation.Untuk likuiditas saham disini merupakan rata-rata volume perdagangan saham harian dalam kondisi normal yang diukur dengan Trading Volume Activity (TVA). Adapun analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a. Arus Kas Operasi berperan sangat kuat terhadap Likuiditas Saham pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk. Artinya Arus Kas Operasi mempunyai peranan sebesar 0.876; b. Laba Akuntansi berperan sangat kuat terhadap Likuiditas Saham pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk. Artinya Likuiditas Saham mempunyai peranan sebesar 0.863; c. Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi berperan sangat kuat terhadap Likuiditas Saham pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk. Artinya Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi sangat berperan penting terhadap Likuiditas Saham sebesar 0.928 dan peranan yang menjadi hambatan sebesar 0.072. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi rank spearman yang memberikan hasil penelitian bahwa Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi berperan sangat kuat terhadap Likuiditas saham pada PT. Berlian Laju Tanker, Tbk. Jika dianalisis besarnya koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 92.8%, arus kas operasi dan laba akuntansi memiliki peranan dengan derajat â sangat kuatâ terhadap likuiditas saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1022
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 52.48Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 858.6Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 677.5Kb PDF View/Open
cover.pdf 75.71Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record