Pengaruh Investasi Pada Human Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

Pengaruh Investasi Pada Human Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: Pengaruh Investasi Pada Human Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Sandra, Boby
Abstract: Sumber daya manusia mempunyai peranan penting. Tanpa sumber daya manusia yang efektif akan sulit bagi perusahaan untuk mencapai profitabilitas perusahaan. Human capital merupakan aktiva yang penting dan merupakan porsi terbesar struktur perusahaan. Dana yang di keluarkan perusahaan untuk human resource itu ditujukan agar investasi dapat memberikan pemasukan income. Human resource dimiliki perusahaan bersifat jangka panjang, maka seharusnya biaya yang dikeluarkan dimasukkan sebagai suatu human capital investment pada neraca. Investasi pada human capital dalam penelitian ini diharapkan dapat mempengaruhi dan juga meningkatkan profitabilitas perusahaan. Objek dari penelitian ini adalah nilai investasi yang dikeluarkan perusahaan atas sumber daya manusia (human capital)nya dan profitabilitas perusahaan. Sedangkan subjek penelitiannya adalah PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. PT. PLN dituntut untuk dapat meningkatkan mutu pelayanannya selain juga dapat meningkatkan profit yang dihasilkannya. Selain teknologi, sumber daya manusia (human capital) merupakan faktor penting bagi PT. PLN untuk memiliki keunggulan kompetitif dan meningkatkan mutu pelayanannya. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Sampel yang dipilih oleh penulis adalah laporan keuangan PT. PLN mulai dari tahun 2001 sampai dengan 2006. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji statistik t (t-test) setelah sebelumnya dilakukan uji normalitas, serta perhitungan regresi dan korelasi dengan tingkat signifikansinya (α) 5 %. Berdasarkan penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi pada human capital tidak berpengaruh positif dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Hal ini terlihat pada t-test bahwa nilai t hitung berada dalam daerah penerimaan Ho.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1021
Date: 2008-06


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 52.68Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 474.3Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 571.7Kb PDF View/Open
cover.pdf 69.32Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record