Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Upahâ (Studi kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung).

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Upahâ (Studi kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung).

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Upahâ (Studi kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung).
Author: Silitonga, Hardi Susanto
Abstract: Salah satu unsur penting dalam penentuan rugi laba perusahaan adalah unsur upah karyawan yang merupakan unsur harga pokok produksi. Oleh karena itu penanganan upah karyawan harus dilakukan dengan baik dan efektif. Salah satu cara adalah dengan mengadakan pengendalian atas upah yang memadai yang dapat menunjang ketepatan waktu dan jumlah pembayaran upah karyawan. Untuk mengetahui peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian internal upah, penulis melakukan penelitian pada PT. Pindad (Persero) yaitu perusahaan industri milik BUMN yang memproduksi berbagai macam produk militer untuk memenuhi Hankam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari sejauh mana peranan audit internal yang terdapat di prusahaan terhadap pencapaian efektivitas pengendalian internal atas upah. Metode penelitian yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah metode deskriptif analitis berupa studi kasus, dengan mengumpulkan data primer yaitu dengan mengadakan wawancara dan mengajukan pertanyaan kepada pejabat yang terkait, melakukan analisis data yang bersifat kualitatif yaitu dengan membandingkan kriteri-kriteria yang penulis tetapkan dengan praktek yang dilaksanakan oleh perusahaan dan pengujian hipotesis serta data sekunder yaitu melalui penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis peranan audit internal terhadap pengendalian internal atas upah, dari hasil kuesioner penulis mendapatkan hipotesis yang diajukan dalam penyususnan skripsi ini yaitu, â Audit Internal Yang Memadai Berperan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Upahâ diperoleh nilai 88,43%. Kesimpulan yang diperoleh penulis dari nilai 88,43% adalah hipotesis yang diajukan dalam penyususnan skripsi ini, yaitu: â Audit Internal Yang Memadai Berperan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Upahâ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1010
Date: 2008-07


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 51.57Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 581.1Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 540.1Kb PDF View/Open
cover.pdf 62.17Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record