Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap dalam Meningkatkan Kinerja Instalasi Rawat Inap ( Studi kasus pada Rumah Sakit Dr. Slamet Garut )

Widyatama Repository

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap dalam Meningkatkan Kinerja Instalasi Rawat Inap ( Studi kasus pada Rumah Sakit Dr. Slamet Garut )

Show full item record

Title: Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap dalam Meningkatkan Kinerja Instalasi Rawat Inap ( Studi kasus pada Rumah Sakit Dr. Slamet Garut )
Author: Lestari, Fuji Utami
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap dalam meningkatkan kinerja instalasi rawat inap di RS Dr. Slamet Garut. Indikator yang digunakan untuk melihat penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap adalah struktrur dan proses sistem pengendalian manajemen. Sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai kinerja instalasi rawat inap adalah BOR, BTO, LOS, TOI. Dalam menyusun skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, yang meneliti kenyataan yang ada di perusahaan kemudian membandingkannya dengan teori yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 14 orang yang berkaitan dengan topik yang diteliti pada RS Dr. Slamet Garut. Data yang diperoleh dari kuesioner tersebut diolah dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman untuk mengetahui apakah penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap dapat meningkatkan kinerja instalasi rawat inap. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penerapan sistem pengendalian manajemen dengan kinerja instalasi rawat inap sebesar 0,7588. Koefisien determinasinya sebesar 57,7%. Hal ini berarti bahwa peningkatan kinerja instalasi rawat inap dipengaruhi oleh penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap, sedangkan sisanya sebesar 42,3% merupakan kontribusi dari faktorfaktor lain yang dalam penelitian ini tidak penulis teliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien awat inap dalam meningkatkan kinerja instalasi rawat inap di RS Dr. Slamet Garut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1002
Date: 2008-07


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 63.37Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 584.3Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 588.5Kb PDF View/Open
cover.pdf 54.56Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record