Japanese - Vocational

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 129
  • Item
    TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INFORMATION AND CUSTOMER SERVICE DI BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Widyatama, 2016) Hidayat, Nabila
    Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu syarat akademik dalam menyelesaikan Pendidikan Diploma III Program Studi Bahasa Jepang pada Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di PT Angkasa Pura II cabang Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung yang dilaksanakan terhitung dari tanggal 21 Desember 2015 sampai dengan 03 Januari 2016. PT Angkasa Pura II berlokasi di Jl. Pajajaran No. 156 Bandung. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan dan penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui pelayanan jasa di unit Information and Customer Service, cara meningkatkan mutu pelayanan dan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan unit Information and Customer Service di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Metode yang digunakan penulis dalam pembuatan laporan ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang mengambarkan suatu kondisi, suatu obyek, dan sekelompok manusia secara sistematis dan faktual dengan pengamatan langsung di lapangan, penyebaran kuesioner dan mengumpulkan data dari perusahaan. Dari hasil kuesioner yang diperoleh untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, sebagian besar responden (46.7%) merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh unit Information and Customer Service di bandara Husein Sastranegara Bandung. Selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, penulis ditugaskan di unit Information and Customer Service untuk melayani para pengguna jasa bandar udara dengan memberikan announcement mengenai informasi seputar bandara dan jadwal penerbangan terkini baik secara langsung ataupun tidak langsung. Penulis berharap pengalaman yang diperoleh selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dapat bermanfaat bagi pembaca.
  • Item
    STRATEGI PROMOSI PARIWISATA YANG TEPAT BAGI WISATAWAN JEPANG
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Widyatama, 2016) Dewi, Diah Novianti
    Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu syarat akademik dalam menyelesaikan Pendidikan Diploma III Program Studi Bahasa Jepang pada Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, terhitung dari tanggal 21 Desember 2015 sampai dengan 29 Januari 2016. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat berlokasi di JL.L.L.R.E.Martadinata No.209, Bandung. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam menarik kunjungan wisatawan untuk berwisata ke Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, yang menggambarkan susunan secara sistematis, aktual dan cermat. Penulis melakukan pengamatan langsung di lapangan, mengumpulkan data dari perusahaan yang bersangkutan dan melakukan wawancara langsung dengan staf dan juga kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Selama melaksanakan praktik kerja, penulis ditempatkan di bagian promosi. Penulis melakukan kegiatan mengevaluasi data, membuat artikel, menginput hal – hal yang berkaitan dengan kepariwisataan seperti nama Dinas – Dinas Pariwisata di Jawa Barat, membuat daftar hotel, daftar tempat pariwisata dan biro travel yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain itu, penulis juga melakukan kunjungan ke Monumen Perjuangan (Monju). Promosi pariwisata yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat antara lain dengan mengadakan event, keikutsertaan event, promosi melalui media cetak & elektronik, media luar ruang, Tourist Information Center (TIC), melakukan kerjasama, dan membentuk badan promosi pariwisata. Beberapa permasalahan dalam menarik kunjungan wisatawan Jepang antara lain adalah informasi yang kurang tersedia, kurangnya pemandu wisatawan Jepang, infrastruktur yang kurang memadai, masalah kebersihan, keberagaman atraksi, segi kuliner dan transportasi yang kurang menunjang. Laporan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada mahasiswa Universitas Widyatama yang tertarik dengan dunia kepariwisataan dan kedepannya diharapkan bisa digunakan sebagai data informasi untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat .
  • Item
    PERMINTAAN PENGIRIMAN TENAGA KERJA DI YAYASAN MULIA MEISOU INDONESIA ムリアメイソーインドネシア財団法人に労働需要の仕送り
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Asshifa, Shabira Magfira
    Laporan tugas akhir ini memiliki tujuan untuk mengetahui bidang dan tempat tujuan paling banyak pengiriman tenaga kerja oleh Yayasan Mulia Meisou Indonesia. Besar kecilnya angka tenaga kerja dipengaruhi banyak faktor, seperti kenaikan jumlah lansia yang berbanding terbalik dengan jatuhnya angka kelahiran di Jepang (shousika). Hal tersebut berseberangan dengan masalah Indonesia, berupa adanya angkatan kerja yang belum mendapat pekerjaan. Dalam upaya untuk saling mengatasi masalah satu sama lain, Indonesia dan Jepang melakukan kerja sama bilateral bernama IJEPA dengan ketenagakerjaan sebagai salah satu bidangnya. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, laporan ini mendeskripsikan serta menekankan suatu hubungan untuk menjelaskan statistik. Dari data yang didapatkan, disebutkan bahwa prefektur Aichi menempati posisi pertama dengan jumlah pekerja hampir separuh dari total data yang ada. Jumlah pekerja berdasarkan jenis kelamin memiliki perbedaan yang sangat tipis, namun bidang dengan masing-masing jumlah mayoritasnya tetap tidak sama.
  • Item
    EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN VIDEO SINGKAT DI MEDIA SOSIAL ソーシャルメディアで短いビデオを使って日本語の学びの効果的
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Ramdani, Riki
    Laporan ini disusun berdasarkan hasil dari praktik kerja lapangan penulis selama satu bulan di Program Studi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama. Penulis melaksanakan pekerjaan di bawah bimbingan ibu Hety Nurohmah, S.S., M.Hum., dan ditugaskan sebagai admin media sosial Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube yang merupakan milik prodi. Selain itu, penulis juga menjadi konten kreator untuk mengisi dan mengunggah materi yang berhubungan dengan kejepangan atau prodi di akun media sosial tersebut. Penulis memilih tema “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Video Singkat di Media Sosial” pada laporan tugas akhir ini, karena ingin mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Jepang lewat video pendek di media sosial. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui pengemasan konten seperti apa yang lebih dapat disukai oleh audiens, agar konten kreator bisa memikirkan matang-matang langkah apa saja sebelum mengunggah konten ke media sosial. Dalam teknis penyusunan laporan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode survei deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data (Wasito: 2010; 28). Dalam metode penelitian ini, penulis harus membuat kuesioner yang nantinya akan disebarkan kepada responden untuk mendapatkan data informasi yang relevan. Setelah mendapatkan data, penulis akan memaparkannya secara deskriptif, dan pada akhir penelitian akan dianalisis gambaran tentang fakta-fakta, sifat dan hubungan antar gejala dengan penelitian penjelasan. Penulis berharap laporan tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi para konten kreator yang terjun dalam pembahasan bahasa Jepang di media sosial, dan tentunya bermanfaat bagi pengelolaan admin media sosial Program Studi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama.
  • Item
    PERBANDINGAN KONTEN MEDIA SOSIAL UNIVERSITAS WIDYATAMA DENGAN UNIVERSITAS OSAKA ウィディヤタマ大学と大阪大学のソーシャルメディアコンテン ツの比較
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Sofyan, Muhammad Azka Fauzi
    Penul is melaksanakan Prakt ik Kerja Lapangan di Universi tas Widyatama Program Studi Bahasa Jepang D- II I yang di laksanakan terhi tung dari tanggal 14 Sept ember 2021 hingga 17 Oktober 2021. Penul is di tugaskan sebagai admin media sosial Instagram Program Studi Bahasa Jepang D- III. Selama kerja prakt ik, penul is ber tugas untuk mengisi konten tentang budaya Jepang di Instagram mi l ik Program Studi Bahasa Jepang D-III. Pada Laporan Tugas Akhi r ini , penul is mengangkat tema “Perbandingan Konten Media Sosial Universi tas Widyatama dengan Universi tas Osaka” d e n g an t u j u a n a g a r p e n u l i s mamp u meningkatkan akun dan kinerja media sosial prodi Bahasa Jepang, serta sekal igus meningkatkan kual i tas market ing prodi Bahasa Jepang Universi tas Widyatama melalu jalur media sosial . Setelah melakukan penel i t ian ini diharapkan Universi tas Widyatama mampu lebih akt if dalam penggunaan akun media sosial memi l iki banyak pengikut , serta lebih di kenal oleh masyarakat khususnya pelajar calon mahasiswa yang akan melanjutkan bidang pendidikan ke jenjang yang lebih t inggi yai tu universi tas. Metode yang akan digunakan yai tu metode Ethnography adalah satu metode kual i tat if yang tertua dari riset sosial . Sebagai metode pal ing tua yang digunakan untuk membadingkan dua jenis kategori yang sama untuk mencar i letak sumber masalah serta mencari solusi untuk memperbaikinya. Penul is juga melakukan pengumpulan data melalui sumber utama yai tu masing-masing media sosial serta melakukan beberapa pemantauan khusus terhadap kinerja masing - masing media sosial dimana cukup memberikan hasi l yang kurang memuaskan. Menjadikan alasan yang tepat sebagai penel i t ian ini sangat dibutuhkan oleh Universi tas. Manfaat laporan tugas akhi r ini adalah penul is jadi mengetahui perkembangan budaya Jepang melalui unggahan konten budaya Jepang di media sosial . Selain i tu, penul is juga dapat mengetahui budaya Jepang sepert i apa yang banyak diminat i oleh audiens.