PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN KONSEP MULTIPLE UNIT PRICING (STUDI KASUS : NETTO SPORTSWEAR)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Netto Sportswear adalah perusahaan yang bergerak di bidang konveksi khususnya pembuatan pakaian olahraga. Netto sportswear sendiri masih menggunakan proses bisnis yang manual dalam menjalankan kelangsungan kegiatan di perusahaan. Maka dari itu, dikarenakan oleh proses bisnis manual tersebut berpengaruh terhadap kegiatan di perusahaan. Kurang efektif dan efisiennya dalam pengelolaan data untuk menghasilkan informasi yang dapat memuaskan pelanggan, lamanya proses melayani pelanggan saat pemesanan produk, sulitnya menentukan harga yang konsisten yang diberikan oleh manajemen kepada konsumen, serta sulitnya menghitung produk yang dibeli dalam tiap transaksi penjualan, yang menyebabkan menjadi berkurangnya daya saing perusahaan dengan perusahaan yang lain. Pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan sistem Costumer Relationship Management yang terfokus pada strategi penentuan harga jual produk serta potongan yang diberikan kepada konsumen. Konsep yang digunakan oleh manajemen adalah Multiple-Unit Pricing, konsep ini memungkinkan membantu manajemen untuk menentukan potongan harga yang konsisten untuk konsumen. Selain itu, pembangunan sistem Costumer Relationship Management ini juga bertujuan untuk mempercepat pelayanan pelanggan yang akan melakukan pemesanan produk, serta membuat sistem yang dapat menekan biaya promosi. Hasil yang diharapkan mampu meningkatkan proses bisnis perusahaan sehingga menciptakan kepuasan pelanggan yang cukup memuaskan serta dapat bersaing dengan perusahaan lain. Sehingga dengan adanya sistem ini, selain dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, juga mampu memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dalam pemesanan produk, mempercepat pemesanan produk, dan mempermudah manajemen dalam pengolahan data konsumen.
Description
Keywords
Costumer Relationship Management, Multiple-Unit Pricing, Kepuasan Pelanggan, Customer Satisfaction
Citation