Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk

Widyatama Repository

Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk

Show full item record

Title: Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk
Author: Nurmatin, Imran
Abstract: Faktor manusia merupakan faktor yang berperan penting dalam melaksanakan proses pencapaian tujuan perusahaan, oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk selalu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia baik secara indifidu maupum sebagai team kerja dalam perusahaan. Prestasi kerja adalah salah satu tolak ukur kualitas sumber daya manusia, namun perusahaan sering dihadapkan masalah yaitu rendahnya prestasi kerja karyawan, banyak faktor yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan dan salah satunya adalah loyalitas karyawan. Loyalitas merupakan suatu sikap yang timbul sebagai akibat keinginan untuk setia dan berbakti baik itu pada pekerjaannya, kelompok, atasan maupun pada perusahaannya, hal ini menyebabklan seseorang rela berkorban demi memuaskan pihak lain atau masyarakat. Keinginan seseorang untuk berbakti inilah yang membuat seseorang bekerja tanpa menghiraukan besarnya imbalannya tapi yang lebih penting lagi ialah hasil kerja yang menjadi prestasi kerjanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey explanatory, dengan cara mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, penyebaran kuesioner dan kepustakaan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu loyalitas karyawan sebagai variabel bebas dan prestasi kerja karyawan sebagai variabel terikat. Alat analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi Rank Sperman, dan hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji t Secara garis besar dari tanggapan responden maka dapat disimpulkan bahwa tingkat loyalitas karyawan pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk cukup tinggi hal ini dapat dilihat dari rata-rata tanggapan responden yang menyatakan setuju, yaitu sebesar 98.9% sedangkan yang menyatakan kurang setuju sebanyak 1.1%. Hal ini menunjukan bahwa tingkat loyalitas karyawan pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah tinggi. Secara garis besar dari tanggapan responden maka dapat disimpulkan bahwa tingkat prestasi kerja karyawan pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk cukup baik hal ini dapat dilihat dari rata-rata tanggapan responden yang menyatakan setuju, yaitu sebesar 100% sedangkan. Hal ini menunjukan bahwa prestasi kerja karyawan pada P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah sangat baik. Melalui perhitungan Rank Spearman, telah didapat hasil rs = 0.55 yang berarti ternyata loyalitas karyawan mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan prestasi kerja, sedangkan melalui perhitungan koefisien determinasi, didapat (Kd) sebesar 30.25% maka dinyatakan bahwa loyalitas berpengaruh besar terhadap prestasi kerja karyawan, karena sisa sebanyak 69.75 dipengaruhi oleh variabel lain, dalam uji hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t pada lampiran dengan dk = ( n-2 ) =28 dan α = 0.05 didapat nilai t tabel =1.701. yang berarti t hitung > t tabel (3.505 > 1.701). ini berarti bahwa taraf signifikan sebesar 5% dan dk = 28 berdasarkan analisis diatas maka hipotesis yang dapat diterimasehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi loyalitas maka semakin tinggi pula prestasi kerja karyawan
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/885
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View
content 1.pdf 785.5Kb PDF View/Open
content 2.pdf 845.4Kb PDF View/Open
content 3.pdf 54.01Kb PDF View/Open
cover.pdf 93.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record